Cara Konfigurasi XAMPP dan MySQL secara terpisah

Menjalankan XAMPP dan MySQL

Pengenalan XAMPP

XAMPPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.

Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri localhost, yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL Database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl XAMPP merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan web yang dinamis

Pada tutorial kali ini saya menggunakan xampp versi terbaru yang database nya adalah mariadb karena di dalam xampp terbaru MySQL nya adalah mariadb, jadi saya menggunakan MySQL secara terpisah dari xampp untuk mengelola database server nya. untuk mendonload xampp terbaru anda bisa mendownload nya Di website resmi nya di www.xampp.org atau di sini juga bisa mendownload xampp versi terbaru disini Download

setelah mendownload file xampp nya klik file installan xampp nya. klik next saja sampai semua terinstall.

kemudian jalankan xampp server nya. jika sudah tampilan nya akan menjadi seperti ini

kemudian start apache server nya untuk konfigurasi database Mysql. karena saya sudah install MySQL pada tampilan xampp saya terlihat ada masalah pada port 3306. port 3306 adalah port MySQL server yang sudah saya install sedangkan di xampp MySQL sudah satu paket dengan php filezilla dan lain-lain. karena xampp ini versi terbaru jadi saya mencoba apakah Mysql yang sudah saya install sendiri bisa berjalan dengan xampp sebagai localhost nya untuk mengecek apakah Mysql terkonfigurasi dengan apache server nya ketikan localhost di web browser anda tampilan nya akan terlihat seperti ini. kemudian kita pilih php info. jika php berjalan akan terlihat seperti ini selanjutnya kita pilih php myadmin


pada tampilan saya terlihat phpmyadmin dalam masalah. disana tertulis access ditolak oleh user dan tidak ada password kenapa terjadi seperti ini ? karena saya menginstall MySQL nya secara terpisah dari xampp nya dan didalam MySQL server yang saya install saya membuat password nya. jadi mengalami kendala seperti ini tidak perlu cemas. untuk dapat menjalankan phpmyadmin nya kita masuk ke irektori xampp nya kemudian pilih phpmyadmn selanjutnya buka file config.inc.php kemudian kita rubah file nya pada baris $cfg['Servers'][$i]['password'] ='';

pada baris diatas saya merudah file nya. dari password nya yang tadinya kosong kemudian saya isikan dengan password MySQL saya. kemudian pada baris $cfg['Servers'][$i]['AllowNoPassword'] = true; kemudian saya rubah menjadi $cfg[;Servers'][$i]['AllowNoPassword'] = false; kenapa saya rubah menjadi false. karena dibaris $cfg password saya mengisi password yang saya buat di MySQL dan pada baris $cfg allownopassword saya ketik false karena saya mengisi kolom password dibaris $cfg password pada default xampp password nya disosongkan dan allownopassword dibuat true karena nilainya benar. sedangkan yang saya alami MySQL saya diinstall secara terpisah dan saya buat password jadi saya harus membuat password dikonfigurasi phpmyadmin dixampp yang tadinya allownopassword bernilai true saya rubah menjadi false karena nilai nya salah true dan false adalah sebuah boolean yang ada pada setiap sistem pemrograman manapun. tampilan nya akan menjadi seperti ini jika berhasil


pada postingan sebelumnya saya membuat database sekolah di MySQL kita bisa melihat terdapat database sekolah dan data_mhs di phpmyadmin yang artinya Mysql terkonfigurasi dengan xampp coba kita lihat tabel mhs di database data_mhs pada tabel mhs terlihat ada 1 data yang terisi di tabel mhs databae data_mhs yang artinya MySQL nya sudah benar-benar terkonfigurasi dengan xampp oke, sekian tutorial dari saya terima kasih sudah berkunjung. Have A Nice Day ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Yaperti Senior High School doing Reunion

Memulai Tulisan Di Blog