Belajar Script HTML Dasar

Belajar Script HTML Dasar

Pengenalan HTML

HTML adalah kependekan dari(HyperText Markup Language) yang merupakan sebuah bahasa scripting yang berguna untuk menuliskan halaman Web. Pada Halaman Web, HTML dijadikan sebagai bahasa Script dasar yang berjalan bersama Berbagai bahasa Scripting Pemrograman Lainnya.

Semua Tag-tag HTML bersifat dinamis, dengan kata lain kode HTML tidak dapat dijadikan sebagai file eksekusi program. Hal ini disebabkan HTML hanyalah sebuah Bahasa Scripting yang dapat berjalan apabila dijalankan di dalam browser (pengakses web). Browser yang mendukung HTML antara lain adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Chrome, Opera Microsoft Edge Windows 10 dan lain-lain. jadi pada saat ingin membuka halaman yang berasal dari HTML Anda dapat melihat bentuk pengkodeanya dengan cara mengklik menu View-Source maka disana akan ditampilkan semua tag beserta isi dari halaman web tersebut.

Semua bahasa Scripting yang berjalan di bawah Web dapat didukung oleh HTML, biasanya bahasa-bahasa Tersebut melakukan Embeded Script pada Tag-Tag HTML. karena HTML hanyalah merupakan sebuah kode Scripting Dan bukan merupakan program kompiler yang berbentuk exe seperti pada Microsoft Visual Studio. maka kita Dapat menuliskan semua kode-kode program dengan menggunakan Editor yang kita sukai, adapun Editor yang dapat Digunakan adalah Dreamweaver, Front Page, Home Site atau bisa juga dengan Notepad ++ dengan membuat folder Di xampp dan menyimpan file di folder xampp yang telah kita buat atau bisa juga dengan Notepad bawaan windows Kemudian kita simpan filenya di documents ketika kita ingin membukanya kita bisa membuka dengan browser yang kita sukai.

Sintaks Dasar HTML

Sebagai sebuah elemen dasar di dalam pemrograman Web, HTML memiliki beberapa aturan-aturan dalam penulisannya yang semuanya harus kita penuhi dalam penulisannya. Sehingga dengan aturan-aturan tersebut, kita harus konsisten dalam hal setiap penulisan Tag-Tag HTML.

HTML memiliki beberapa sintaks dasar yang hampir mirip dengan semua pemrograman baik yang berbasis web maupun visual Kemiripan itu adalah bahwa semua struktur pemrograman harus ada sintaks yang menyatakan program dimulai dan diakhiri sintaks Sebagai contoh dalam pemrograman Web PHP kita mengenal tanda , sedangkan HTML dimulai dengan tanda kemudian diakhiri dengan tanda

Comments

Popular posts from this blog

Yaperti Senior High School doing Reunion

Memulai Tulisan Di Blog

Cara Konfigurasi XAMPP dan MySQL secara terpisah